Total Tayangan Halaman

Senin, 11 Oktober 2010

WATER JET


Prinsip kerja
Water jet adalah sebuah alat yang digunakan dalam proses pemotongan dingin yang menggunakan tekanan yang sangat tinggi dengan air sebagai medianya dan tambahan bahan abrasive(biasanya antara 20.000 sampai dengan 90.000 psi) melalui lubang sempit,maka menghasilkan kecepatan yang sangat tinggi pula(tekanan antara 20.000 dan 60.000 Pounds per Square Inch (PSI) (1.300-6.200 bar). Ini terpaksa melalui lubang kecil di permata, yang biasanya 0,007 "untuk 0,020" dengan diameter (0,18-0,4 mm). Ini menciptakan kecepatan yang sangat tinggi, sangat tipis berkisar (yang adalah mengapa sebagian orang menyebut waterjets sebagai "air laser") sedekat mungkin dengan kecepatan suara (sekitar 600 mph atau 960 km / jam). Pemotong ini mampu menembus hampir semua materi termasuk kaca,logam dan plastic dengan ketebalan lebih dari 18 inch tanpa membentuk bekas seperti warna pada hasil penggergajian.Bahan abrasive yang digunakan seperti  pasir karbida dan garnet(biasanya terdapat pada amplas).Water jet digunakan dalam produksi yang tinggi diseluruh dunia,teknologi yang mendapat pujian dari dunia antara lain penggilingan,laser,EDM,plasma dan router.
Bagian warter jet
Diagram air jet pemotong:
1 - air bertekanan tinggi inlet
2 - permata (ruby atau berlian)
3 - abrasive (garnet)
4 - pencampuran tabung
5 - penjaga
6 - memotong air jet
7 - memotong bahan
Kecepatan tinggi air yang keluar dari permata menciptakan ruang hampa yang menarik abrasive dari garis kasar, yang kemudian bercampur dengan air dalam tabung pencampuran.
Kegunaan dari water jet yakni:
Digunakan untuk memotong kaca,logam,non-logam(kayu,karet,marmer,granit),plastic dengan ketebalan lebih dari 18 inch tanpa membentuk bekas warna. Material dan kecepatan ideal tergantung pada berbagai faktor, termasuk bahan, bentuk bagian tersebut, tekanan air dan jenis abrasive. Mengontrol kecepatan nossel abrasivejet sangat penting untuk efisien dan ekonomis mesin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar